Cara Memelihara Kelinci Untuk Pemula

Kelinci yakni salah satu jenis binatang yang sering dibudidayakan. Banyak yang membudidayakannya untuk memperoleh laba dan ada pula yang sekadar untuk mengisi waktu luang. Jenis kelinci yang sering dibudidayakan di rumah yakni kelinci hias. Lalu bagaimana cara memelihara kelinci untuk pemula? Intip caranya di bawah ini.
Kelinci yakni salah satu jenis binatang yang sering dibudidayakan Cara Memelihara Kelinci untuk Pemula


Cara Memelihara Kelinci di Rumah

Memelihara kelinci tak selamanya butuh lahan luas di luar rumah. Jika Anda berminat untuk memelihara kelinci hias, maka Anda dapat memeliharanya di rumah. Lalu, bagaimana cara memelihara kelinci di rumah dengan benar dan sehat? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda mulai memeliharanya di rumah.

1.     Buatkan Tempat Tinggal yang Nyaman untuk Kelinci

Pastikan Anda menyiapkan kawasan tinggal yang nyaman untuk kelinci. Tempat tinggal kelinci yakni salah satu aspek penting yang harus Anda perhatikan. Jika tidak ingin ribet, Anda dapat membeli sangkar kelinci yang sudah banyak dijual di banyak sekali pet shop.
Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dikala akan membeli sangkar kelinci dan dikala akan memakainya.
·         Pastikan bahwa sangkar kelinci yang akan Anda beli tersebut mempunyai bantalan khusus, contohnya papan.
·         Pastikan juga bahwa sangkar kelinci tersebut mempunyai jeruji yang tidak tajam. Jeruji tersebut minimal mempunyai sisi yang halus.. Sisi jeruji yang halus akan menghindarkan bulu kelinci dari kerontokan alasannya yakni ukiran dengan sisi jeruji kandang.
·         Ukuran sangkar kelinci harus ideal untuk ukuran tubuhnya. Kandang yang ideal mempunyai ukuran minimal 1,2 x 0,6 x 0,6 meter. Ukuran sangkar yang cukup besar ini dapat menciptakan kelinci nyaman alasannya yakni kelinci dapat meregangkan badannya dengan rileks.
·         Setelah membeli sangkar kelinci yang pas, jangan lupa untuk membeli kotak kotoran, mainan kelinci, wadah makanan, dan wadah minuman.
·         Untuk menciptakan kelinci nyaman di kandangnya, Anda dapat mengisi sangkar dengan jerami atau serutan kayu. Serutan kayu atau jerami dapat menjadi bantalan tidur kelinci kesayangan Anda.
·         Jika sangkar dan segala pernak-perniknya telah siap, tempatkan sangkar di kawasan yang aman. Misalnya di kawasan yang jauh dari pemikiran listrik, perabotan rumah, dan tanaman.
Selain membeli sangkar yang sudah jadi, Anda juga dapat menciptakan rumah kelinci sederhana dari kardus. Namun, rumah kelinci ini tergolong sebagai rumah kelinci nonpermanen alasannya yakni gampang rusak. Rumah kelinci dari kardus sangat bermanfaat bagi Anda yang telanjur membeli kelinci tetapi belum mempunyai sangkar untuk kelinci tersebut. Langsung saja, ini ia cara menciptakan rumah kelinci dari kardus:
·         Siapkan kardus bekas dengan ukuran yang besar.
·         Buat lubang pada salah satu sisi kardus.
·         Silakan mendekor rumah kelinci tersebut sesuka Anda. Namun, sebaiknya letakkan wadah makanan, wadah minuman, dan kotak kotoran di luar kardus. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan rumah kelinci dan kesehatan kelinci.
·         Jika perlu, beri bantalan berupa jerami, serutan kayu, atau materi lain yang nyaman dan hangat di permukaan bantalan rumah kelinci.

2.    Sediakan Makanan, Camilan, dan Minuman yang Cukup

Cara memberi makan kelinci ternyata tidak sembarangan, lo. Siapa bilang kelinci tidak butuh masakan camilan? Selain makanan, Anda juga dapat memberinya masakan ringan sehat, contohnya sayuran. Pastikan bahwa sayuran yang diberikan sudah bebas dari pestisida dengan cara mencucinya sampai bersih. Anda juga dapat menawarkan rumput jerami untuk kelinci tersebut.
Jangan berikan masakan yang tidak sehat pada kelinci. Makanan yang kurang baik untuk kelinci yakni kubis, kentang, tomat, dan daging. Untuk kebutuhan minum kelinci Anda, sebaiknya Anda memberinya minum di botol khusus air minum kelinci atau di mangkuk. Namun, pastikan Anda mengganti air minumnya setiap hari dan membersihkan kawasan minum kelinci tersebut secara rutin.

3.    Berikan Ruang dan Waktu bagi Kelinci untuk Bermain dan Berolahraga

Tak hanya insan saja yang butuh berolahraga dan bermain. Ternyata kelinci peliharaan Anda juga membutuhkannya, lo. Untuk menghindarkan kelinci dari stres, ternyata tak harus lantas membelikan mainan untuk kelinci. Cara termudah supaya kelinci dapat bermain dan berolahraga yakni dengan membiarkannya keluar dari sangkar selama beberapa waktu. Namun, cara ini cukup berisiko alasannya yakni kelinci Anda dapat saja dimangsa predator atau hilang.
Jika Anda terlalu sayang untuk membiarkannya berkeliaran di luar kandang, maka sediakan mainan sederhana untuk kelinci. Mainan ini tidak harus Anda beli dengan harga mahal. Anda dapat menciptakan mainan sendiri untuk kelinci Anda, contohnya mainan dari kardus bekas.

 Kelinci yakni salah satu jenis binatang yang sering dibudidayakan Cara Memelihara Kelinci untuk Pemula

4.    Jangan Lupa Perhatikan Kesehatannya

Jika ingin memelihara kelinci di rumah, maka pastikan kesehatannya terjamin. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan kelinci Anda tetap sehat. Diantaranya yaitu:
·         Pembersihan sangkar secara rutin, minimal seminggu sekali.
·         Penjagaan terhadap suhu ideal bagi kelinci
 Idealnya, kelinci akan nyaman bila berada di suhu sekitar 15 sampai 21 derajar Celsius.
·         Pemeriksaan rutin ke dokter hewan.
Pemeriksaan ini dapat Anda lakukan sekali dalam setahun. Namun, hubungi dokter binatang terdekat atau bawa kelinci Anda ke dokter binatang bila kelinci tersebut memperlihatkan gejala-gejala yang tidak biasa.
·         Pembersihan bulu kelinci.
Tidak disarankan untuk memandikan kelinci supaya bulunya dapat bersih. Sebaiknya, sikat bulu kelinci Anda dengan sikat khusus untuk bulu hewan. Sikat tiap dua hari sekali.
Itu tadi ulasan mengenai cara memelihara kelinci hias di rumah dan beberapa hal yang wajib Anda perhatikan. Semoga isu di atas bermanfaat ya.

Baca juga : 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel