Cara Ternak Lele Untuk Pemula

Cara Ternak Lele – Akhir-akhir ini berbagai peminat untuk beternak ikan lele. Mengingat, perjuangan beternak ikan lele ini sangat menguntungkan sekali dengan peminat yang sangat besar. Dalam menjalankan perjuangan ternak ikan lele ini sangat gampang sekali untuk di jalankan, dari mulai pembibitan sampi pembesaran terbilang sangat gampang di lakukan. Tak hanya itu, dengan modal yang tidak terlalu besar mengakibatkan banyak peminat untuk menjalankan perjuangan ternak ikan lele ini. 

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut saya paparkan dalam artikel di bawah ini untuk anda yang ingin menjalankan binsnis ternak ikan lele.



Cara Beternak Ikan Lele bagi Pemula 

Dalam menjalankan perjuangan ternak ikan lele ini, sebelumnya perlu anda ketahui terlebih dahulu dengan pengetahuan menyerupai pembinihan atau pembibitan serta modal yang cukup. Seperti yang telah saya rangkum di bawah ini beberapa keunggulan dari ternak lele sebagai motivasi untuk anda yang akan menjalankannya antara lain sebagai berikut :
  • Sangat gampang untuk di lakukan atau di jalankan dengan sendiri 
  • Modal yang tidak terlalu banyak 
  • Bagi yang ingin memanfaatkan terpal sebagai bak ikan lele sanggup di lakukan dengan lebih gampang dan peraktis
  • Volume air yang sanggup di kontrol dengan gampang dalam bak terpal buatan 
  • Jauh dari media yang berbahaya yang sanggup terkontiminasi dari air tanah Dalam poin di atas tadi merupakan beberapa keunggulan dari ternak ikan lele. 
Selanjutnya, beberapa cara yang sanggup anda lakukan untuk membudidayakan atau beternak ikan lele sebagai berikut : 

1. Lankah Ke-1 

Langkah pertama yang harus anda perhatikan adalah menghitung bibit yang akan kita tanam di dalam bak terpal yang telah di sediakan. Dalam hal ini perlu anda sesuaikan dengan modal yang tersedia, dengan demikian anda sanggup memperkirakan luas bak dengan bibit yang akan di siapkan. Dalam mempersiapkan bibit untuk memulai ternak ikan lele ini,carilah bibit unggulan yang sanggup anda dapatkan dari pengelola yang sudah usang berkecimpung dalam dunia ternak ikan lele. Tentunya sangat di butuhkan juga pembingbing untuk membuatkan pengalaman pada kita semoga menjalankan bisnis ternak ikan lele ini berjalan dengan baik dan mudah. 

2. Langkah Ke-2 

Langkah kedua untuk memulai membudidayakan ternak ikan lele adalah dengan mempersiapkan bak terpal. Untuk pembuatannya sendiri sanggup di ukur dari jumlah bibit yang telah di siapkan menyerupai dari 100 bibit ekor lele sanggup masuk dalam ukuran 1x3x5 meter persegi dalam luas lahannya bak terpal. Sedangkan tinggi bak ini, anda sanggup mengaturnya kira-kira 1 meter dan panjang sanggup di sesuaikan dengan banyaknya bibit ikan lele tersebut. 

3. Langkah Ke-3 

Setelah bak terpal telah kita siapkan dengan ukuran yang sesuai dengan bibit yang ada. Selanjutnya yaitu, masukan air yang mengandung plankton atau kompos sapi yang di campur dengan air dan biarkan selama tiga hari sebelum bibit di masukan dalam kolam. Setelah tiga hari, masukan bibit ikan lele tersebut ke dalam bak yan telah di siapkan. Untuk selanjutnya, beri pakan secara rutin pagi sekitar jam 6:00, siang jam 12:00, dan sore harinya sekitar pukul 18:00. 

Nah, itulah beberapa tahap pemula bagi anda yang akan memulai dengan berbisnis ternak ikan lele. Semoga informs ini bermanfaat dan mengakibatkan tumpuan bagi anda yang ingin berbisnis ternak ikan lele. Selamat Mencoba…

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel