Cara Ternak Angsa Entog Pedaging

Cara Ternak Bebek – Di Indonesia sendiri, budidaya ternak angsa merupakan suatu pekerjaan yang sudah tidak gila lagi di lakukan oleh beberapa sebagian orang di kawasan tertentu, khususnya di perdesaan. Karena lahannya yang cukup luas bersahabat pesawahan dan sungai-sungai, itu mengakibatkan modal tersendiri bagi pemula yang ingin membudidayakan bebek. Namun, tidaklah cukup hanya mengandalkan lahan saja. Butuh modal kesiapan diri, tenaga extra, juga tidak ada salahnya bagi kita pemula untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang sudah berpengalaman di bidang ternak bebek. Yang bertujuan untuk mempermudah tata cara ternak lele dengan baik. Adapun tata cara untuk budidaya angsa yang akan saya bagikan dalam rangkuman artikel ini, yang mungkin sanggup anda pelajari sedikitnya untuk di peraktekan langsung.



Baca Juga ;

Cara Ternak Bebek petelur Bagi Pemula 

Dalam berwirausaha tentunya kita harus tahu betul dengan grafis perihal tata cara yang baik dan jeli biar lancar dengan hasil yang menguntungkan.

1. Mempersiapkan Kandang dan Sarana 

Ada beberapa aspek untuk memperhatikan sangkar dan sarana untuk ternak angsa diantaranya : 

  • Mengatur suhu sangkar dalam penerangan mencapai 40℃ yang mencangkup tiap sudut dalam penerangan yang memadai. 
  • Kandang yang beralasan tumpukan jerami dan lembab 
  • Untuk pembuatan sangkar sendiri, sanggup kita ketahui dengan berkonsultasi pada yang hebat dengan berpengalaman dalam peternakan bebek. 
  • Tata letak sangkar harus bersahabat dengan pesawahan dan sungai 

2. Mempersiapkan Bibit Bebek Unggul 

Dalam mempersiapkan bibit tentunya harus teliti dan menentukan bibit unggulan khusus petelur yang elok kualitasnya. Tentunya dengan menyesuaikan harganya. Adapun yang harus anda ketahui untuk menentukan bibit yang bagus, diantaranya :

  • Dalam menentukan induk tentunya harus teliti dengan kualitas yang bagus, atau anda sanggup berkonsultasi pada orang yang sudah berpengalaman dalam hal ini
  • Selain membeli induk bebek, dan Untuk sanggup meyakinkan bahwa induk yang anda beli bagus, anda sanggup melihatnya dari telur tetas yang di hasilkan induk itu dengan membelinya. Dan ini akan besar lengan berkuasa pada perkembangan yang akan kita jalani dalam membudidaya angsa petelur. 
  • Selain itu, persiapkan juga untuk pakan induknya menyerupai starter DOD.

3. Merawat dan Mengawinkan Induk Bebek

Dalam hal perawatan induk angsa tidak begitu sulit, anda sanggup memberi masakan menyerupai starter khusus induk angsa yang akan menghasilkan petelur yang bagus. Dalam satu sangkar untuk menampung induk angsa sanggup mencapai 50 ekor bebek, tapi tidak lupa juga untuk memperhatikan tempat biar terhindar dari hama atau binatang lainnya yang berbahaya bagi induk bebek. 

Dalam hal perkawinan, saya akan perbandingkan dalam satuan angsa misalnya, satu pejantan sanggup di kawinkan dengan enam induk angsa betina atau sanggup juga, dari 2 ekor jantan angsa dengan 10 ekor betina angsa atau itik. Untuk mengawinkannya sendiri, tidak begitu harus kita atur, biarkan induk angsa ini dalam satu kandang, dengan sendirinyapun mereka akan kawin sendiri. 

4. Memperhatikan Pakan 

Dalam hal pemeliharan dengan memperhatikan pakan, ini menjadi pekerjaan yang paling utama. Karena, untuk menghasilkan petelur dari induk ini bergantung pada pakan yang kita berikan pada induk bebek, bila elok dalam memperhatikan pakan, maka hasil yang akan di dapatkn pun akan menyesuaikannya dengan bagus. Adapun beberapa cara dalam merawat indukan dan memperhatikan pakan untuk induk bebek, diantaranya : 
  • Selain memperhatikan pakan, kita perhatikan juga sangkar angsa ini dengan berkala, biar terhindar dari kuman jahat yang akan mempengaruhi pada perkembangannya. Usahakan satu hari sekali tiap menjelang malam utuk membersihkan sangkar induk angsa ini. 
  • Jika angsa anda mengalami setres atau kena penyakit, segera anda berkonsultasi pada orang yang sudah hebat dalam penanganan beternak angsa ini. Atau anda sanggup memisahkan angsa yang terkena penyakit biar tidak menular pada angsa yang lainnya. 
  • Dalam hal santunan pakan pada bebek, anda sanggup menyesuaikannya dengan usia angsa tersebut. Ada beberapa kategori fase dalam perkembngan angsa yakni fase starter, grower, dan layar. Nah, dari ketiga fasena ini sanggup kita berikan dengan pakan pabrik yang sanggup kita dapatkan di toko khusus. Adapun kita sesuaikan dengan menurut usianya, yakni 0-2 ahad kita berikan pakan dengan memakai wadah yang rata, sehabis 3 ahad gres sanggup kita menaburkan pakannya dan usia berikutnya. Namun, ketika usia 2 bulan kita perlu memberinya dengan pakan yang mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang sanggup kita dapatkan di toko khusus atau pakan buatan alami, yang bertujuan biar angsa menghasilkan telur yang banyak dan berkualitas. Dan jangan lupa untuk menunjukkan air di setiap sudut kandang. 

5. Panen 

Setelah induk di perhatikan dalam sangkar dan pakannyaselama 2 bulan, gres kita sanggup mendapat hasilnya. Biasaya angsa atau itik suka bertelur pada malam atau dini hari, dan kita sanggup mengambilnya di pagi hari, dan seterusnya angsa akan bertelur lagi. Untuk memanen telur angsa sendiri kita sanggup eksklusif memasarkannya dan jangan di simpan terlalu usang alasannya akan cepat membusuk. 


Dalam pemasaran kita tidak perlu kawatir alasannya banyak pengumpul atau penadah khusus menampung telur angsa atau kita sanggup eksklusif menjualnya ke pasar-pasar. Dala satu bulan kita sanggup memanen telur angsa dua kali. 

Nah, demikian sedikit warta yang mengenai cara budidaya angsa untuk tahap pemula. Semoga bermanfaat dan berkhasiat untuk anda. Semoga sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel